Monday, August 18, 2014


Saya akan share tentang SQL Server dan Contohnya pake Font baru ,lumayan dapet saran semoga tidak bosan untu membacanya yahh,,
 pasti kalian membutuhkannya kok :D
Akupun butuh ,untuk dapet bukunya lalu saya bagi-bagi deng ..hehe
 
SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Istilah client, server, dan client/server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak. Pada level yang sangat umum, sebuah client adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya. Sedangkan sebuah server adaah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.
Inilah Contoh SQL Server yg di jalankan di MS Excel yg berhasil saya buat smoga anda pun bisa
  1. Pertama-tama buat databasenya..Asumsi database sudah dibuat dengan database name “dbtest”, nama tabel “mhs”. Berikut ini ilustrasi data yang sudah dubuat.
  2. data
    data
  3. Buat Excel add-in project. Langkahnya sebagai berikut:
    1. Buka Visual Studio 2008
    2. Pilih File -> New -> Project
    3. Di kotak Product Types, pilih Visual C#, kemudian pilih Office, kemudian pilih 2007
    4. Di kotak Tamplate, pilih Excel 2007 Add-in
    5. Di dalam kotak nama, ketik ExcelAddIn1
    6. Klik Ok
  4. Pada ThisAddIn class tambahkan kode berikut:
  5. private void ThisAddIn_Startup(object sender, System.EventArgs e) {    SqlDataReader reader = null;    string myConnectionString = "Data Source=.\\SQLEXPRESS;Initial Catalog=dbtest;Integrated Security=True;";    SqlConnection myConnection = new SqlConnection(myConnectionString);    string myInsertQuery = "SELECT npm,nama FROM mhs";    SqlCommand myCommand = new    SqlCommand(myInsertQuery);    myCommand.Connection = myConnection;    myConnection.Open();    reader = myCommand.ExecuteReader();    Excel.Worksheet activeWorksheet = ((Excel.Worksheet)Application.ActiveSheet);    Excel.Range cellB1 = activeWorksheet.get_Range("B1", missing);    cellB1.Value2 = "NPM";    cellB1.EntireColumn.ColumnWidth = 10;    Excel.Range cellC1 = activeWorksheet.get_Range("C1", missing);    cellC1.Value2 = "Nama";    //Mencetak isi table mhs ke excel dari cell B2    int counter = 2; //Set awal baris    while (reader.Read())    {       cellB1.get_Offset(1, 0).Value2 = (String)reader[0];       cellC1.get_Offset(1, 0).Value2 = (String)reader[1];       counter++;    }    myCommand.Connection.Close(); }
  6. Tambahkan using System.Data.SqlClient;
  7. Run program dengan menekan tombol F5
  8. Beginilah hasilnya
  9. hasil
    HASIL
     Pengertian DDL, DML dan DCL - Pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu DDL, DML dan DCL. Mari kita simak Pengertian DDL, DML dan DCL di bawah ini.

    Pengertian DDL, DML dan DCL

    DDL DDL merupakan perintah-perintah yang biasa digunakan administrator database untuk mendefinisikan skema dan subskema database. Data Definition Language (DDL) mempunyai fungsi utama untuk mendefinisikan data dalam database secara logika, diantaranya yaitu: Digunakan untuk mendefinisikan karakteristik dari record (meliputi nama, tipe dan lebar dari field), untuk menentukan kunci field, menyediakan cara untuk menentukan hubungan dengan data di file lain, untuk mengubah struktur dari record, untuk menampilkan struktur dari record. DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel. Perintah yang termasuk DDL: CREATE » untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database dan tabel baru. ALTER » untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. DROP » untuk menghapus database dan tabel.
    pengertian ddl dml dan dcl
    DML DML merupakan merupakan perintah-perintah yang memungkinkan pengguna melakukan akses dan manipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat, Data Manipulation Language digunakan untuk memanipulasi database yang telah didefinisikan dengan DDL. Perintah yang termasuk DML: INSERT » untuk menyisipkan atau memasukan dalam tabel UPDATE » untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini DELETE » untuk menghapus datadari tabel SELECT » untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel. DCL DCL merupakan merupakan perintah-perintah yang digunakan untuk mengontrol data. Perintah yang termasuk DCL: GRAND » untuk memberikan hak atau izin akses oleh administrator server kepada user REVOKE » untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator.
     Referensi Halaman :
     http://infoter-lengkap.blogspot.com/2013/03/pengertian-sql-server-dan-contohnya.html
     http://www.carawebs.info/2013/08/pengertian-ddl-dml-dcl.html
    Yang Like Dapet Pahala Lo!

0 komentar:

Post a Comment

LightBlog

BTemplates.com

Categories

#BigData (1) #bookofblogs (6) #einterview (5) #nsmnss (21) #SoMeEthics (2) AHRC (1) Amy Aisha Brown (2) analysis (2) analytics (1) API (1) auxiliary data source (1) Big Data (8) big data analytics (1) blog (14) blogging (7) blogs (8) Book of blogs (3) book review (8) case studies (1) Christian Fuchs (1) coders (1) cognition (1) community (2) community of practice (1) computer mediated (1) conference (3) content analysis (1) crowdsourcing (3) data (1) data access (1) Data Base Management System (1) data linkage (1) data protection (1) definitions (4) demographics (1) Dhiraj Murthy (1) digital (3) digital convergence (1) Digital debate (7) digital humanities (1) dissemination (1) Dr Chareen Snelson (2) Dr Sarah-Louise Quinnell (1) Dr Steve Jones (1) e interviews (2) e-privacy (1) ECR (1) einterview (2) empathy (1) Eran Fisher. (1) ESRC (2) ethics (13) event (3) facebook (3) fanfiction (1) funding (2) Geert Lovink (1) graduate (3) guidelines (5) hootsuite (1) HR (1) identity (3) impact (1) imputation (1) international research (2) janet salmons (7) Japanese (1) Jenna Condie (1) jobs (1) Katheleen McNiff (2) Language (1) learning (1) linguistic anthropology (1) Make Money (2) Mark Carrigan (1) market research (2) media (2) methods (1) mixed methods (1) natcen (1) NCapture (1) netnography (2) network (3) Networked Researcher (1) networked spaces (2) new media (2) NVivo (2) Online (2) online communities (1) online footprint (2) online interview research (2) online personas (2) online research (2) organisational management (1) ownership (1) Paolo Gerbaudo (1) phd (2) PhDBlogger (2) politics (1) power (1) privacy (4) QSR International (1) Qualitative (4) qualitative research methods (6) Quantitative (4) Recruitment (1) research (8) research methods (8) researcher (2) RSS (1) RTI International (3) rumours (1) SAGE (1) Sampling (3) semantic analysis (1) semantics (1) sentiment (1) sentiment accuracy (1) Sherry Turkle (1) small data (1) small datasets (1) social media (36) Social Media MA (10) Social Media Managment System (1) social media monitoring tools (2) social media research (12) social science (4) Social Science Space (2) social scientists (6) social tensionn (1) sociolinguistics (1) sociology (3) software (2) statistics (1) Stories (1) storify (1) surveillance (2) survey (4) teaching (2) technologies (4) tools (2) trust (1) tweet chat (11) Twitter (20) University of Westminster (13) user views (1) video interview (7) vlogging (9) web team (4) webinar (2) weighting (1) YouTube (10)
Responsive Ads Here

Recent

Recent Posts

Navigation List

Popular Posts

Blog Archive